Selasa, 29 November 2011

CPU (Central Processing Unit)

Sebuah processor mengandung jutaan transistor kecil, transistor ini menyimpan pulsa elektrik yang memberikan nilai 1 dan 0 dan membentuk sistem bahasa biner yang digunakan komputer untuk berkomunikasi, CPU akan memproses data dan instruksi yang disimpan dalam bentuk byte di dalam memori, data adalah bentuk biner dari angka dan huruf, dan instruksi akan memberi tahu apa yang harus dilakukan oleh CPU terhadap data tersebut.
Selain bahasa biner juga dikenal Parity Bits untuk mengecek kesalahan pembacaan data dalam proses, bahasa mesin yang merupakan tipe bahasa biner yang langsung dijalankan sendiri oleh computer, dan bahasa transistor yang digunakan untuk mengubah perintah ke dalam bahasa mesin.
Dalam  komputer  dikenal istilah-istilah basic yang mungkin sudah sering kita dengar seperti Bay, Power Supply, Surge Protector, Voltage Regulator, UPS, Motherboard, Microprocessor, dan Chipset. Dari masing-masing istilah tersebut memiliki fungsi dan peran penting untuk menjalankan sebuah komputer.
Pada computer selanjutnya, memiliki kecepatan yang berbeda dalam menyalurkan data. Mainframe and minikomputer kecepatannya berukuran MIPS. Sedangkan superkomputer kecepatannya berukuran flops.
Komponen CPU terdiri dari :
Word size Pengkodean bit dalam processor yang dapat diproses oleh computer
Unit control Mengatur jalannya program yaitu dengan mengambil instruksi-instruksi dan membawanya
Unit aritmatika & logika Berfungsi untuk menunjukkan operasi matematika dan logika serta mengontrol kecepatannya
Register Area penyimpan berkecepatan tinggi yang menyimpan data saat diproses
Buses Rangkaiaian tertn untuk menyalurkan kode bit dalam CPU dan antar CPU serta komponen-komponen motherboard lainnya
Dalam prosesnyta sebuah computer memerlukan memori yang besar dan jumlahnya tidak hanya satu. Memori tersebut adalah RAM, ROM, CMOS, dan Flash. Khusus untukl RAM memiliki bagian-bagian dan fungsi yang berbeda, antara lain : DRAM, SDRAM, SRAM, DDR-SDRAM, SIMM, dan DIM.
Di samping memori yang besar, sebuah CPU juga dilengkapi dengan berbagai macam port. Macam-macamnya seperti Serial Port, Parallel Port, SCSI Port, dan USB Port.
Setelah itu juga ada beberapa perluasan dari card yang menempel di CPU. Perluasan tadi menghasilkan beberapa card baru seperti accaelerator board, cache board, coprocessor board, disk controller card, emulator card, fax modem board, graphics (video) adapter raphics (video) adapter board, memory expansion board, dan sound board.
Kemudian juiga ada perluasan dari tipe-tipe bus. Hanya saja perluasannya masih dua, yaitu PCL Bus dan AGP Bus.
Langkah-langkah yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan saat proses komputer adalah Interleaving, Bursting, Pipelining, Superscalar Architecture, dan Hyperthreading.
Secondary storage dalam CPU antara lain Floppy and Zip disks, Hard disks, Optical disks, Magnetic tape, Smart Cards, Flash memory, dan Online secondary storage.
Dan untuk mempermudah proses penghitungan dimasa depan, saat ini masih dikembangkan cara-cara penyimpanan data dengan menggunakan M-RAM, OUM, Nanotechnology, Optical Computing, DNA Computing, Quantum Computing, Higher-density disks, dan Molecular electronics.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantab kang.... Ijin Copas... :D

Posting Komentar