Rabu, 30 November 2011

Menggunakan atau Memanfaatkan Internet??


Kata internet menurut bahasa berasal dari kata "Interconnection" yang artinya sistem komunikasi global dan kata "Networking" yang artinya jaringan komputer. Jadi, internet diartikan sebagai suatu sistem komunikasi global dalam jaringan komputer.

Menurut istilah, internet adalah suatu hubungan antara satu komputer dengan komputer lain yang berada menyebar di seluruh dunia menggunakan Internet Protocol, sehingga dapat saling bertukar informasi dalam berbagai bidang.

Sedangkan menurut anak muda jaman sekarang, internet adalah facebook, twitter, atau kadang2 juga google.

Nah, dari beberapa pengertian internet di atas menunjukkan bahwa sedemikian banyak manfaat dan fungsi dari internet tetapi yang diketahui anak muda jaman sekarang hanya sepersekian persennya saja. Untuk itu, kita dituntut bukan hanya pintar tapi juga harus cerdas. Cerdas dalam berbagai hal, terutama mengenai teknologi informasi (khususnya Internet). Karena saat ini semua sudah serba internet, mulai dari pendidikan, bisnis, jasa, hingga transaksi bank2 dan sebagainya.

Nah, layanan2 yang ada di internet itu cobalah untuk diketahui, dimegerti, dan baiknya bila bisa dipraktekkan. Umumnya kan yang diketahui anak muda jaman sekarang cuma layanan2 komunikasi langsung atau jejaring sosial, seperti chat, facebook, twitter, skype, dll. Padahal di internet ada banyak layanan yang lebih bermanfaat dari pada sekedar update status.

Tapi, ada juga orang2 yang sudah cerdas dalam memanfaatkan internet (dalam hal ini Facebook). Kita bisa memanfaatkan facebook menjadi lahan bisnis kita, kita bisa mejual produk2 nyata seperti handphone, sepatu, baju, tas, dll. atau produk digital seperti ebook, software, dll.

Kalaupun kita tidak punya produk untuk dijual, kita bisa menjualkan produk orang lain (reseller) atau sekedar memasang iklan, ada baiknya kita menggunakan website/ blog tidak facebook lagi.

Sekali lagi, kita harus cerdas dalam memanfaatkan internet bukan hanya sekedar menggunakan internet, memanfaatkan internet baik itu untuk keperluan pendidikan, knowledge, sharing, atau bisnis. Tapi, kita juga tidak harus melulu seperti itu. Ada kalanya, kita juga menggunakan internet untuk jejaring sosial dalam rangka tetap menjaga tali silaturrahim dengan kawan2 kita.

Akhirnya, semua tergantung kita mau memanfaatkan internet dengan sebaik2nya atau hanya sekedar menggunakan internet tanpa tau tujuan.(aly)

Linked to: www.haimamedia.us

0 komentar:

Posting Komentar